Home Berita Mengolah Pakan Ternak dengan cara SILASE

Mengolah Pakan Ternak dengan cara SILASE

246
0

kalangan-bjn.desa.id 15/05/2018 ( Jawa Timur ) – Peternakan sapi yang tergabung dalam SPR masih kesulitan didalam memenuhi kebutuhan hijauan pakan ternak khususnya saat kemarau. Pada musim hujan peternak memenuhi kebutuhan pakan sapi dengan bahan pakan yang ada disekitar lokasi usahanya yakni limbah pertanian dan saat kemarau mereka mencari pakan hingga keluar wilayah desa. Kondisi ini berakibat pada jeleknya performan ternak dan umumnya berat sapi menurun pada musim kemarau dibandingkan pada musim hujan, ini hubungannya dengan ketersediaan hijauan pakan ternak .

Kelompok ternak Karya Bersama di Desa Kalangan telah menanam rumput-rumputan di sekitar area kandang dan di sebar di tiap rumah anggota kelompok ternak. ” Tujuan penanaman hijauan menyangkut manajemen pengelolaan dan pengadaan pakan yang berpengaruh besar terhadap tingkat penghasilan peternak itu sendiri, oleh karena itu permasalahan pakan ternak terutama hijauan terus terulang secara berkelanjutan dari tahun ke tahun “, kata Dr. Aditya ( dari Dinas Peternakan Bojonegoro )

Pemanfaatan hijauan pakan ternak yang melimpah pada saat musim hujan dengan memanfaatkan teknologi sederhana yaitu membuat silase, memberikan solusi jitu bagi peternak sapi atau ruminansia lainnya guna menjamin ketersediaan pakan saat musim kemarau, disamping itu dengan pembuatan silase, pakan yang dihasilkan berupa silase telah mengalami perombakan komponen – komponen kompleks menjadi sederhana sehinga mudah dicerna oleh mikroba rumen dan meningkatkan daya cerna serta efisiensi pakan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan pelatihan, untuk mempertahankan poduksi ternak yang stabil sepanjang tahun. Oleh Karena itu, teknologi silase merupakan salah satu jawabannya untuk mengatasi kesulitan hijauan musim kemarau dan meningkatkan pengetahuan kepada kelompok peternak sapi perah Desa Kalangan Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini merupakan alternatif strategis dan menjanjikan dalam rangka mengatasi kesulitan hijauan terutama pada musim kemarau serta menumbuhkan pemahaman dan kesadaran peternak akan pentingnya penerapan teknologi sederhana tetapi bermanfaat besar dalam memecahkan persoalan pakan ternak di masyarakat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here