Home Berita Kenalkan Cara Tanam Sistem Jajar Legowo – Gapoktan Desa Kalangan

Kenalkan Cara Tanam Sistem Jajar Legowo – Gapoktan Desa Kalangan

188
0
Penyuluhan tentang Sistim Tanam Jarwo oleh Pak Sarno , sumber foto : Arlan

kalangan-bjn.desa.id 30/03/2018 ( Jawa Timur ) – Guna meningkatkan produksi padi di wilayah Desa Kalangan, maka Kades Kasmani bersama ketua Gapoktan Gono Al Garwoto dan Pak Sarno dari Dinas Pertanian, menggelar tanam padi serentak dengan Sistim Tanam Jarwo (Jajar Legowo) di dusun Suryo Rt001 / Rw004, Desa Kalangan, Margomulyo, Bojonegoro.

Kegiatan tersebut merupakan upaya kerjasama antara Gapoktan Pemerintahan Desa Kalangan dengan Dinas Pertanian Bojonegoro, dalam meningkatkan hasil produksi padi di wilayah tersebut. Dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah pusat dalam pencapaian swasembada pangan.

“Banyak petani yang sudah merasakan manfaat dan keuntungannya, salah satunya menambah jumlah populasi tanaman padi sekitar 20-30%, memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir sehingga diharapkan akan meningkatkan produksi gabah”, ungkap Pak Sarno

Proses budidaya pertanian terutama budidaya padi menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Desa Kalangan, karena beras yang dihasilkan menjadi salah satu produk dan sekaligus makanan pokok warga Kalangan. Sehingga beras menjadi produk utama dalam Sembilan bahan pokok.

“Namun kita tetap optimis dalam pencapaian swasembada pangan. Karena saat ini masih musim hujan, kita mengimbau kepada para petani agar turun ke sawah dan segera man­faatkan lahan yang ada dengan sebaik mungkin dengan menggunakan Sistim Tanam Jarwo” tutur Kades Kasmani

Dalam setiap metode, ada kelebihan ada pula kekurangannya. Pada Sistem Tanam Jajar Legowo, benih dan tenaga kerja yang dibutuhkan akan lebih banyak jika dibandingkan dengan sistem Tegel. Namun demikian, kekurangan tersebut akan diimbangi pula dengan peningkatan kualitas dan kuantitas gabah yang dihasilkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here