Home Berita UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DENGAN TANAMAN JAMBU

UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DENGAN TANAMAN JAMBU

118
0
Area Kebun Jambu Anggoro Kasih Desa Kalangan
Area Wisata kebun jambu Anggoro Kasih Dusun Padas Malang Desa Kalangan ( Foto by : Bpk. Latip )

kalangan-bjn.desa.id 12/03/2018 ( Jawa Timur ) – Warga Dusun Padas Malang melakukan penanaman pohon jambu merah seluas 20 hektare, sejak tahun 2015. Progam tanam jambu merah dari bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat di pinggiran Sungai Bengawan Solo.

Tanaman jambu tersebut di tanam di atas lahan Perhutani di pinggiran Sungai Bengawan Solo dengan tujuan akan menambah ekonomi masyarakat dan menarik wisatawan nantinya. Selain dapat dimakan langsung, jambu dapat dibuat sebagai minuman yang menyegarkan dengan cara dibuat juice atau dibuat sebagai campuran makanan.

Letak tanaman jambu yang sangat luas pun layak untuk di buat sebuah object wisata yang sangat bagus. Para wisatawan yang berkunjung tidak hanya merasakan buahnya saja tetapi juga disuguhi pemandangan yang tak bisa dijumpai di perkotaan. Aliran sungai yang terbentang dan pepohonan hijau yang rindang di atas bukit- bukit pun menambah pesona tersendiri. Menyusuri luasnya tanaman jambu tidak hanya dapat di lewati jalur darat tapi juga dapat melewati jalur air yaitu Sungai Bengawan Solo dengan menggunakan perahu dayung atau rakit.

Dengan berbagai keindahan tersebut di atas tanaman jambu tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kalangan dalam bidang pariwisata. Bapak Kepala Desa Kalangan, mengatakan , bahwa dengan tanaman jambu, masyarakat Desa Kalangan khususnya Dusun Padas Malang akan lebih produktif dari pada menanam jagung atau lainnya yang harus menunggu musimnya .

“Dan jika wisata jambu bisa di kenal oleh masyarakat luar maka akan di tambah fasilitas- fasilitas seperti wahana bermain anak dan kolam renang supaya masyarakat sekitar akan semakin betah dan selalu ingin berkunjung sehingga ekonomi masyarakat Kalangan menjadi lebih baik “, tungkasnya

“Kita bisa mengembangkan pola pikir kita untuk bisa menjadi lebih baik dan maju kedepan,” pungkasnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here